Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi
Vol 3, No 2 (2021): Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi

PENGGUNAAN MEDIA POWER POIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA ALHILAAL SANANA.

Ilham M. Umawaitina (ilhamgeoumawaitina@gmail.com)
Bahtiar Bahtiar (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Khairun)
Tamrin Robo (Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Tahapan observasi awal data hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Alhilaal sanana terdapat dari 20 siswa yang mengikuti ujian hanya 3 siswa yang tuntas jika dipresentasekan secara klasikal yaitu 15%. Sedangkan 17 siswa di katakan belum berhasil jika dipresentasekan secara klasikal yaitu 85%. Hal ini karena proses pembelajaran di sekolah masih bersifat konvensional, di mana pembelajaran masih kurang minimnya penggunaan metode yang berfariasi sehingga dalam proses belajar siswa hanya mendengar, mencatat penjelasan guru, kemudian mengerjakan soal, pertanyaan, gagasan dan pendapat dari siswa jarang muncul sehingga siswa menjadi pasif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Media power point pada kelas XI IPS SMA Alhilaal Sanana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK dengan subjek penelitian adalah siswa kela XI sebanyak 20 siswa terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. pengumpulan data dengan cara tes, dokumentasi dan observasi dan analisis data yang digunakan rumus persentase. Hasil yang diperoleh yaitu dengan menggunakan media pembelajaran (Power Point), hasil belajar siswa dapat meningkat dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I dari 20 jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran siswa yang tuntas atau hasil belajarnya mencapai kreteria ketuntasan minimal hanya terdapat 3 siswa (15%) yang masih kurang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan konsep pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Sedangkan pada perlakuan setelah siklus I ke siklus II hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran siswa yang tuntas atau berhasil belajarnya mencapai kreteria ketuntasan minimal berjumlah 15 siswa (75%).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pangea

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Pangea merupakan media informasi para akademisi dan peneliti yang menggeluti dan memiliki topik yang berlatar belakang keilmuan geografi maupun pendidikan geografi dan berisikan artikel - artikle hasil penelitian, kajian teori dan esensi pustaka mengenai keilmuan geografi maupun pendidikan geografi ...