Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2b (2022): Juni

Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Pendekatan Discovery Learning Berbasis Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 32 Cakranegara

Annisa Fitriani (Universitas Mataram)
Sudirman Sudirman (Universitas Mataram)
Baiq Niswatul Khair (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah alat bantu belajar yang dibuat oleh guru dalam kegiatan yang disusun dan dirancang sesuai dengan kondisi dan situasi di dalam kelas, yang memuat petunjuk pelaksanaan praktik di kelas, serta percobaan yang dapat dilakukan. di kelas maupun di rumah, serta memuat materi diskusi, dan latihan soal dengan petunjuk agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan yang dapat membantu siswa berhasil dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada perbedaan pengaruh LKPD berbasis Discovery Learning dengan LKPD yang biasa digunakan di sekolah terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pre-test-post-test control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster-random-sampling, dan sampelnya adalah kelas IV A. Soal tes, observasi, lembar wawancara, dan angket tentang keefektifan LKPD digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan LKPD yang biasa digunakan di sekolah, dan (2) pembelajaran IPS dengan LKPD berbasis Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada LKPD yang banyak digunakan di sekolah Penelitian ini menyimpulkan berdasarkan temuan penelitian yaitu : hasil penilaian kelayakan LKPD dan implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPS melalui pendekatan discovery learning. (LKPD) memperoleh skor rata-rata 4,56 dengan kategori layak. Sedangkan hasil uji keefektifan produk yang dilakukan oleh guru kelas IV terkait Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPS melalui pendekatan discovery learning berbasis cerita bergambar yaitu 80% dengan kategori efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...