Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2c (2022): Juni

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Dina Novsiani (Universitas Mataram)
Ni Nyoman Sri Putu Verawati (Universitas Mataram)
Ahmad Harjono (Universitas Mataram)
Muhammad Zuhdi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, hasil pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen tes. Hasil validasi menunjukkan komponen perangkat pembelajaran dalam kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Reliabilitas silabus, RPP, Bahan Ajar, LKPD dan instrumen tes, diatas 75 % menunjukkan semua komponen yang dinilai berada pada kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...