Journal of Elementary School (JOES)
Vol 5 No 1 (2022): Journal of Elementary School (JOES)

PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 59 KOTA LUBUKLINGGAU

Refi Maharani (Universitas PGRI Silampari)
Dodik Mulyono (Universitas PGRI Silampari)
Andriana Sofiarini (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD Negeri 59 Kota Lubuklinggau setelah diterapkan Model Student Teams Achievement Division (STAD) secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Pos-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian sampel yang digunakan adalah sampling jenuh adapun sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yan digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji “Z”. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemudian dikonsultasikan dengan pada daftar distribusi “Z” denan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh nilai dan nilai maka dengan hal ini maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat menuntaskan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 59 Kota Lubuklinggau. Kata Kunci : Model Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar IPS

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOES

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Elementary School (JOES) published by Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development of teaching practice, ...