Perkembangan kognitif merupakan tahapan-tahapan perubahan yang terjadi dalam rentang kehidupan manusia untuk memahami, mengolah informasi, memecahkan masalah dan mengetahui sesuatu. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui Pengaruh permainan congklak Terhadap perkembangan kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD KB Tunas Harapan Muara Enim Tahun 2021. Peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas Eksperimen. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen “Pre eksperimental design“. Desain penelitian ini menggunakan“One gruppre test-post test design”. Sampel yang digunakan yaitu 14 anak yang terdapat pada kelas B di PAUD KB Tunas Harapan Muara Enim, dimana kelompok eksperimen inilah yang akan menjadi pretets yaitu kegiatan yang dilakukan tidak menggunakan permainan congklak dan posttest yang akan dilakukan dengan menggunakan permainan congklak. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validasi, uji reabilitas dan uji hipotesis uji t. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan uji t dimana nilai t tabel untuk taraf signifikan 5 % sebesar 0.532 dan dapat disimpulkan bahwa t-hirung> t-tabel (25,55 >1,761) sehingga Hoditolak dan Ha diteriman, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil data tersebut.Artinya permainan congklak berpengaruh terhadap perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD KB Tunas Harapan Muara Enim Tahun 2021.
Copyrights © 2022