Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode mnemonik di TK Amanah Sekayu dan untuk mengetahui bagaimana daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Amanah Sekayu. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh yang signifikan metode mnemonik terhadap daya ingat anak usia 5-6 tahun di TK Amanah Sekayu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan design Pre- Experimental Designs jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 di TK Amanah Sekayu yang berjumlah 15 anak. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian “Pengaruh Penerapan Metode Mnemonik Terhadap Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amanah Sekayu” dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mnemonik terhadap daya ingat anak. Berdasarkan uji statistic diketahui Asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan “Hipotesis diterima”. Artinya ada perbedaan daya ingat anak untuk pre test dan post test kelas B1, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Terhadap Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amanah Sekayu”.
Copyrights © 2022