JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 5 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Media Wire Game dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola pada Anak Kelompok A di TK Tunas Karya Pagaralam

Hasana, Eka Setiawati Rizqi (Unknown)
Marlina, Leny (Unknown)
Oktamarina, Lidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui media wire game dalam meningkatkan kemampuan mengenal pola pada anak kelompok A Di TK Tunas Karya Pagaralam yang valid, praktis dan efektif yang bertujuan media mampu meningktakan kemampuan mengenal pola pada anak dan menarik minat anak dalam belajar mengenal pola. Metedologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model  ADDIE yang terdapat 5 langkah yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development, (4) Implementasi (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian menunju-kkan bahwa pengembangan media wire game ini valid, pratis dan efektif dalam penggunaannya dalam kemampuan mengenal pola pada anak kelompok A Di TK Tunas Karya Pagaralam. Hasil penilaian produk ini mendapat kategori “Sangat Valid” dengan hasil validasi ahli media 93% dan validasi ahli materi 85% dan validasi bahasa 94%. Sedangkan hasil penelitian dengan kategori “sangat praktis” dengan hasil uji coba kelompok kecil  dengan persentase 81%, dan hasil uji coba kelompok besar dengan persentase 85%, dan hasil uji kefektifan dengan melakukan pretest sebelum penggunaan 43% dan hasil posttest 90% kategori efektif serta medi wire game  berpengaruh dalam meningktakan kemampuan mengenal pola pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...