Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui media wire game dalam meningkatkan kemampuan mengenal pola pada anak kelompok A Di TK Tunas Karya Pagaralam yang valid, praktis dan efektif yang bertujuan media mampu meningktakan kemampuan mengenal pola pada anak dan menarik minat anak dalam belajar mengenal pola. Metedologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdapat 5 langkah yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development, (4) Implementasi (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian menunju-kkan bahwa pengembangan media wire game ini valid, pratis dan efektif dalam penggunaannya dalam kemampuan mengenal pola pada anak kelompok A Di TK Tunas Karya Pagaralam. Hasil penilaian produk ini mendapat kategori “Sangat Valid” dengan hasil validasi ahli media 93% dan validasi ahli materi 85% dan validasi bahasa 94%. Sedangkan hasil penelitian dengan kategori “sangat praktis” dengan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 81%, dan hasil uji coba kelompok besar dengan persentase 85%, dan hasil uji kefektifan dengan melakukan pretest sebelum penggunaan 43% dan hasil posttest 90% kategori efektif serta medi wire game berpengaruh dalam meningktakan kemampuan mengenal pola pada anak.
Copyrights © 2022