Penelitian ini bertujuan untuk melihat kajian terkait peran guru PAI dalam literasi digital melalui optimalisasi perpustakaan digital di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Hasil kajian menunjukan bahwa pembelajaran di masa pandemi Covid-19 secara cepat dan tiba-tiba harus bergeser menjadi pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran konvensional yang biasanya dilakukan di kelas secara tatap muka antara pendidik dan peserta didik berubah menjadi pembelajaran yang berbasis teknologi. Pergeseran yang terjadi secara tiba-tiba bukan sesuatu yang mudah. Guru dan peserta didik harus secara cepat beradaptasi dalam pembelajaran jarak jauh. Bimbingan guru dan kemandirian peserta didik menjadi modal utama suksesnya pembelajaran jarak jauh. Kerjasama guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 menjadi elemen penting terciptanya pembelajaran yang memberi manfaat positif bagi perkembangan kognitif peserta didik. Guru harus mampu menempatkan posisi dan perannya di hadapan siswa sehingga terjalin interaksi atau hubungan timbal balik yang efektif antara guru dan siswa. Secara konseptual, peran guru PAI dalam membantu peserta didik dalam pemanfaatan perpustakaan digital dapat dilihat dalam aspek kompetensi kepemimpinan yang harus dikuasai.
Copyrights © 2022