Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022

PENINGKATAN PEMAHAMAN DIGITAL MARKETING PADA PARA PELAKU USAHA MIKRO DI KELURAHAN SIDODADI MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI

Febbyana Intan Gresya (UPN "Veteran" Jawa Timur)
Ainul Yaqin (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur)
Shofihatul Maula (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Salwa Rania Jasmine (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Septia Nurafifatul Jannah (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Sekar Ayu Rarasati (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Muhammad Rafli Maulana Badar (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Rania Alifia Imawan (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Adellya Tabitha Safa Marcella (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Gilbert Anselmo Rajagukguk (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Dewi Puspa Arum (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Kegiatan KKN-Tematik MBKM Kelompok 45 UPN Veteran Jawa Timur pada kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya berfokus pada skema kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Program kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan UMKM sekitar. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah diadakannya sosialisasi digital marketing bagi para pelaksana UMKM Kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya. Tujuan pelaksanaan program tersebut untuk mengembangkan UMKM pada E-commerce, supaya produk penjualan mereka lebih tersebar luas dan meningkatkan produksi penjualan produk. Disamping itu dengan beberapa program kerja pendampingan UMKM juga dapat membantu untuk mewujudkan apa yang telah dibicarakan oleh narasumber itu sendiri. Sebagian banyak masyarakat yang memiliki UMKM di wilayah kelurahan Sidodadi memiliki kendala untuk belum mengetahui bagaimana tata cara agar memasarkan usahanya di media online atau yang biasa di sebut E-commerce. Dengan adanya sosialisasi mengenai tema digital marketing dapat memberikan gambaran pada mahasiswa KKN Kelompok 45 dan juga masyarakat yang memiliki usaha untuk mengembangkan usahanya dan tidak hanya mengandalkan pasar secara langsung (berjualan didepan rumah) atau pasar tradisional saja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...