Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 1 (2022): Volume 8 Nomor 01, Juni 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JATIRAHAYU II BEKASI

Kinanthia Elvrina Revayani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Puri Pramudiani (PGSD FKIP Uhamka)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kreatif IPA siswa kelas V SD Negeri Jatirahayu II Bekasi. Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh siswa untuk dapat dapat mengembangkan ilmu pengetahuan seiring perkembangan zaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Sampel yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu sebanyak 36 siswa kelas V-B SD Negeri Jatirahayu II Bekasi sebagai sampel. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest pada siswa lebih tinggi sebesar 52.11 dibanding hasil rata-rata nilai pretest sebesar 46.56. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji t diperoleh sig. < 0,01 dengan Tolak H0 jika Sig. ≤ α 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran RICOSRE berpengaruh dalam meningkatakan keterampilan berpikir kreatif IPA siswa pada materi perubahan wujud benda kelas V SD Negri Jatirahayu II Bekasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...