Jurnal Abdidas
Vol. 3 No. 3 (2022): June, Pages 355-611

Motivasi Belajar untuk Membentuk Sumberdaya Manusia Unggul pada Era Milenial

Muhammad Oceano Fauzan (Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan)
Welly Yulianti (Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Dunia pendidikan pondok pesantren, menjadi salah satu pilihan orang tua untuk melanjutkan pendidikan anak – anaknya. Anak – anak yang di sekolahkan di pondok pesantren memiliki berbagai macam latar belakang pergaulan, cara didik di rumah, ataupun pekerjaan orang tua. Orang tua yang bekerja mengharapkan anak – anaknya menerima pendidikan yang baik dari sisi pengetahuan umum ataupun pengetahuan agama. Pengetahuan umum dan agama ini menjadi salah satu program unggulan setiap pondok pesantren. Proses pembelajaran ini memerlukan trik dan metode yang tidak membuat peserta didik menjadi jenuh. Perasaan jenuh bias mengahmpiri ketika peserta didik memiliki keraguan atau kebosanan dari suatu kegiatan yang mereka tidak mengetahui kegunaan dari kedua ilmu ini ketika berada di dunia kerja ataupun dunia yang mereka pilih. Salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar adalah dengan melakukan pertemuan dari alumni yang telah tamat dari Pesantren Terpadu Serambi Mekkah Kota Padang Panjang. Pertemuan dengan alumni ini dilakukan dengan penuh makna yaitu para alumni memberikan pengetahuan tentang banyak hal positif yang didapat. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui zoom meeting. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini adalah santri diperoleh hasil motivasi yang diberikan oleh alumni memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan semangat belajar yang akan membentuk SDM yang unggul.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...