Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan kesalahan berbahasa mahasiswa dalam penyajian makalah diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analisis). Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pascasarjana Prgram Studi Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Jakarta yang bertindak sebagai penyaji makalah dalam diskusi kelompok pada mata kuliah Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan Berbahasa. Data dalam penelitian ini adalah seluruh kalimat-kalimat tidak efektif yang dituturkan oleh penyaji makalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah alat perekam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 45 data kesalahan berbahasa pada penyaji dalam presentasi kelompok tersebut. Kesalahan berbahasa meliputi kesalahan penggunaan kalimat efektif yang meliputi aspek kesepadanan, kesatuan, kesejajaran dan paralelisme, penekanan, kehematan, dan kevariasian. Pada aspek kesepadanan ditemukan 11 kesalahan, aspek kesatuan ditemukan 14 kesalahan, aspek kesejajaran dan paralelisme ditemukan 1 kesalahan, aspek penekanan ditemukan 1 kesalahan, dan aspek kehematan ditemukan 19 kesalahan.
Copyrights © 2022