Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

Strategi Konseling Dalam Menangani Anak Usia Dini Yang Terdampak Broken Home Di Keluarahan Betungan

dzikra fadillah alfarizka (UINFAS Bengkulu)
Deni Febrini (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Fatrica Syafri (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Keluarga adalah salah satu unit kelompok sosial terkecil dari kelompok sosial masyarakat dengan karakteristik tinggal bersama, terdapat kerja sama ekonomi, dan terjadi proses reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi konseling yang dilakukan orang tua dalam menangani anak usia dini yang terdampak broken home di Kelurahan Betungan Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian ini secara harfiah merujuk pada uraian (description) data untuk ditafsirkan sehingga peneliti menguraikan mengenai penggunaan strategi konseling yang dilakukan oleh orang tua dalam menangani anaknya yang terdampak broken home. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 orang tua yang masih memperhatikan dan memberikan kasih sayang yang cukup terhadap anaknya dalam bentuk memperhatikan tumbuh kembang anak dan memastikan kebutuhan anak di saat usia dini terpenuhi hingga ketika ia dewasa dan 4 orang tua lainnya kurang memperhatikan tumbuh kembang anaknya dikarenakan beberapa faktor hal yaitu, ekonomi ataupun pekerjaan orang tua di luar rumah, keegoisan orang tua, kurangnya ilmu pola asuh orang tua, dan orang tua jauh dari agama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sanak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

jurnal kajian anak is early childhood study journal are articles of research results such as research and development quantitative qualitative experiment literature studies application of theory critical analysis studies and islamic studies of childrens education in early childhood and childrens ...