Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

Pengaruh Media Boneka Pintar Lucu (Bopincu) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Yola Putri Gustari (UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu)
Deni Febrini (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Ahmad Syarifin (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Boneka pintar lucu (Bopincu) Terhadap Kemampuan kognitif Anak Usia Dini Di RA Aisyiyah Bungamas kabupaten seluma, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksprimen. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 20 anak. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik lembar observasi, Dokumentasi dan teknik catatan anekdot. hasil pre test dan post test, di kelas eksperimen pre test, dari 10 orang anak terdapat 5 anak yang belum berkembang dipersentasekan menjadi 50%, ketika diberi perlakuan post test tersisa lah 1 orang anak yang belum berkembang atau tidak mengalami peningkatan maka dipersentasekan menjadi 10%, dan dapat dilihat terjadi peningkatan di kelas eksprimen ini adalah sebanyak 4 orang anak yang sudah mengalami perubahan atau peningkatan, dipersentasekan menjadi 40%, sedangkan di kelas control pre test dari 10 orang anak terdapat 4 anak yang belum berkembang yang dipersentasekan menjadi 40% ketika di post test tersisa 2 orang anak yang belum berkembang atau tidak mengalami peningkatan maka dipersentasekan menjadi 20% dapat dilihat peningkatan yang terjadi dikelas control adalah sebanyak 2 orang anak yang dipersentasekan menjadi 20%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sanak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

jurnal kajian anak is early childhood study journal are articles of research results such as research and development quantitative qualitative experiment literature studies application of theory critical analysis studies and islamic studies of childrens education in early childhood and childrens ...