Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol 4, No 2 (2021): Al-Mudarris

Implementasi Pembelajaran Berbasis Harmonisasi Ilmu Agama dan Saintek di MAN Insan Cendekia Pekalongan

Mohammad Syaifuddin (IAIN Pekalongan)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang selama ini berjalan masih monoton terkait materi pelajaran/keilmuan sesuai mata pelajarannya saja. Guru belum mampu mengajak siswa untuk berfikir kritis komprehensif dengan memberikan wawasan yang lebih luas kepada peserta didik melalui sumber-sumber keilmuan lainnya. Permasalahan ini direspon oleh pengelola dan segenap guru MAN Insan Cendekia Pekalongan dengan menerapkan model pembelajaran yang integratif, melalui harmonisasi keilmuan agama dan saintek guna meningkatkan mutu dan kualitas lulusannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana implementasi pembelajaran berbasis harmonisasi ilmu agama, sains dan teknologi (Saintek) di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Keasramaan, guru mata pelajaran al-Qur’an Hadis, Fiqih, Geografi dan Fisika, serta delapan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, pengamat, teori yang selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi, mendisplay dan menverifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran berbasis harmonisasi ilmu agama dan Saintek di MAN Insan Cendekia Pekalongan meliputi kegiatan; 1). Penyusunan silabus dan RPP dengan model Harmonisasi Verb (HV), 2). Penyusunan materi ajar dengan model Harmonisasi Konten Materi (HKM), 3). Kegiatan pembelajaran dengan model Harmonisasi Justifikasi Dialogis (HJD), 4). Kegiatan evaluasi pembelajaran dengan teknik refleksi pembelajaran. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mdr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Mudarris is a scientific journal of Islamic education managed and published by Tarbiyah Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palangka Raya. This journal publishes research articles about Islamic education and education in general. This journal is formally published twice ...