Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol 6, No 1 (2022): Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Fa‘āliyah Istirātījiyyah Fakkr, Takallam, Uktub Wa Romyu Kurratu Salji Li Tarqīyati Natījah Thullāb Fī Mādah Al-Insyā’Bi Ma’hadi

Ihwan Mahmudi (Universitas Darussalam Gontor)
Syamsul Aimmah (Pendidikan Bahasa Arab)
Muzaini Nugroho Saputro (Universitas Darussalam Gontor)
Ahmad Muzakki Darajat (Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Materi insya’ di Pondok Modern Arrisalah merupakan pembelajaran untuk melatih kreatifitas siswa dalam menulis. Materi insya’ diajarakan di kelas tiga, empat, lima dan enam. Namun nilai insya’ kelas lima banyak yang tidak memenuhi KKM. Hal ini dipengaruhi oleh cara mengajar guru dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang kurang tepat, sehingga siswa bosan, tidak meperhatikan atau bahkan tidur, dan kurang paham pada materi pelarajan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka strategi pembelajaran “think talk write” dan snowball throwing yang berlandaskan pada pendekatan komunikatif merupakan alternatif untuk meningkatkan nilai siswa kelas lima pada materi insya’ arabi. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas strategi pembelajaran “think talk write” dan snowball throwing yang berlandaskan pada pendekatan komunikatif dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan nilai siswa kelas lima di materi insya’ arabi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ta’lim Al-Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education in the world. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teacher Training, Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, Indonesia, ...