JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Vol 3, No 4 (2022)

Peningkatan Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Melalui Keteladanan Di SD Negeri Getas II

Muh. Fahrudin (SD Negeri Getas II)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

kinerja guru melalui keteladanan di Sekolah Dasar Negeri Getas II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan sekolah. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas I, II, III, IV, V, VI, dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri Getas II. Pengumpulan data melalui observasi kedisiplinan dan kinerja guru melalui keteladanan di SD Negeri Getas II Tahun Pelajaran 2021/2022, dan penilaian hasil tindakan pembelajaran. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kedisiplinan dan kinerja guru melalui keteladanan di SD Negeri Getas II kapanewon Playen Tahun pelajaran 2021/ 2022 yang ditandai adanya peningkatan nilai yang didapat antara sebelum dikenai tindakan dan setelah dikenai tindakan. Nilai kedisiplinan dan kinerja guru melalui keteladanan ada peningkatan. Sebelum dikenai tindakan nilai rerata kedisiplinan guru adalah 67,25, nilai rerata kinerja guru adalah 66,83. Setelah dikenai tindakan nilai kedisiplinan guru pada akhir siklus I mendapat nilai rerata 74,84, dan nilai rerata kinerja guru adalah 74,74 dengan kategori Cukup, dan pada akhir siklus II nilai kedisiplinan mendapat nilai rerata 88,46 dan nilai rerata kinerja guru adalah 87,75 dengan kategori Baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan ...