JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Vol 3, No 4 (2022)

Praktik Permainan Tebak Berpasangan dengan Teknik Inkuiri Terbimbing Guna Meningkatkan Pemahaman Menjelaskan Satuan Baku untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Intan Fitriani (SD Negeri 2 Danyang, Kab. Grobogan)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Best practice ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II SD Negeri 2 Danyang pada KD 3.6: Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, melalui implementasi permainan tebak berpasangan dengan teknik inkuiri terbimbing. Best practise dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di SD Negeri 2 Danyang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Subyek belajar adalah siswa kelas II berjumlah 32 anak. Dampak dan capaian hasil dari best practise menunjukkan peningkatan pemahaman menjelaskan satuan baku panjang, berat, dan waktu dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas II SD Negeri 2 Danyang sebesar 28,12% setelah dilaksanakan praktik permainan tebak berpasangan dengan teknik inkuiri terbimbing, yakni pada PH sebelum praktik ketuntasan sebesar 59,38% dan setelah praktik dilaksanakan, ketuntasan mencapai 87,5%. Peningkatan hasil ini memberi makna bahwa pemahaman siswa pada konsep satuan baku panjang, berat dan waktu meningkat setelah praktik dilaksanakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan ...