JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Vol 3, No 4 (2022)

Praktik Penerapan Kelompok Belajar Whatsapp dengan Strategi Reward Competition untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Moda Daring

Mrs. Rubiah (SD Negeri 2 Danyang, Kab. Grobogan)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari best practice ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Danyang pada pembelajaran moda daring melalui penerapan praktik kelompok belajar WhatsApp dengan sistem reward competition pada semester II tahun pelajaran 2020/2021. Best practise dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 2 Danyang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Strategi praktik ini membagi siswa ke dalam kelompok belajar WhatsApp. Selain itu system reward competition diterapkan untuk memotivasi semangat dan disiplin belajar siswa. Dampak dan capaian hasil best practise menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Danyang meskipun dalam moda pembelajaran daring. Praktik ini diambil sebagai langkah guru untuk memecahkan masalah kelas karena penurunan keaktifan belajar siswa akibat moda pembelajaran daring. Setelah guru melaksanakan praktik pembelajaran dengan membentuk kelompok belajar WhatsApp dan menerapkan strategi reward competition, menjadikan disiplin belajar siswa kelas VI meningkat. Hasil skor instrument menunjukkan adanya peningkatan disiplin belajar siswa sebesar 27,17%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan ...