JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Vol 3, No 4 (2022)

Implementasi Teknik Example Non-Example untuk Meningkatkan Kompetensi Pengurangan Bilangan Cacah Siswa Kelas I SD Negeri 2 Danyang

Sri Handayani (SD Negeri 2 Danyang, Kab. Grobogan)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Banyak siswa kelas I SD Negeri 2 Danyang mengalami kesulitan belajar, yang menjadikan capaian kompetensi pada ranah pengetahuan pengurangan bilangan cacah banyak yang tidak tuntas. Analisis nilai PH pada muatan pelajaran Matematika untuk KD 3.4 menunjukkan ketuntasan kelas 66,67% dengan rata-rata nilai 69,72. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan desain penelitian berbentuk tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Danyang berjumlah 36 anak pada semester II tahun pelajaran 2021/2022. Data dikumpulkan dengan metode tes dan observasi, dan dianalisis berdasarkan ketetapan KKM sekolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan pengetahuan siswa kelas I SD Negeri 2 Danyang terhadap materi pengurangan bilangan cacah setelah diterapkan metode Example Non Example. Dapat dijelaskan, peningkatan ketuntasan yang mencerminkan capaian kompetensi pengetahuan siswa sebesar 27,78% dimana pada capaian prasiklus 66,67% meningkat di akhir siklus menjadi 94,44 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan ...