ASANKA: Journal of Social Science And Education
Vol 3, No 1 (2022)

Pengaruh Online Friendship Zone terhadap Capaian Akademis Mahasiswa Universitas Siliwangi pada Masa Pandemi Covid-19

Muhamad Fauzi Efendi (Universitas Siliwangi)
Resi Rismawati (Universitas Siliwangi)
Erni Mulyanie (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Perkembangan akademik para mahasiswa dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti minat dan bakat, motivasi, pengetahuan, pertemanan, institusi pendidikan, dan keadaan sosial. Dalam hal ini, lingkungan pertemanan menjadi salah satu faktor perkembangan akademik mahasiswa. Namun, lingkungan pertemanan yang biasanya dibangun secara langsung, kini terhalang oleh pandemi Covid-19. Maka dari itu, penulis tertarik melakukan analisis pengaruh pertemanan online terhadap capaian akademik mahasiswa Universitas Siliwangi pada masa pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk mengatahui pengaruh pertemanan secara online pada capaian akademik selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah menggunakan teknik survei melalui kuisioner dengan sistem skala Likert. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear setelah melalui tahapan pengujian validitas, reliabelitas, normalitas, dan lineritas. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden yang tersebar dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Siliwangi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari pertemanan online terhadap capaian akademik mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asanka

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Social Science and Education [e-ISSN 2722-9998 | p-ISSN 2723-0007] is a journal research published by Institute for Social Science And Education, State Islamic Institute of Ponorogo. This journal first published in 2020 to facilitate the publication of research and articles. ASANKA ...