SHIBGHAH: Journal of Muslim Societies
Vol 4, No 1 (2022): Vol 4, No 1 (2022): SHIBGHAH: Journal Of Muslim Societies

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tanah Wakaf Terbengkalai di Kabupaten Aceh Besar (Kajian Terhadap Pengembangan Ekonomi Wakaf)

zahratul faizah (STAI Al-Washliyah Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat adalah dengan memaksimalkan potensi kelembagaan yang telah diatur oleh ajaran Islam, seperti zakat, wakaf, infak, shadaqah, dan hibah. Sebagai salah satu potensi yang mempunyai peran keagamaan yang bersifat ekonomis, wakaf seharusnya dikelola dan dikembangkan agar menjadi satu instrumen yang mampu memberikan jawaban rill terhadap problematika di kehidupan masyarakat, namun fakta dilapangan menunjukkan masih banyak tanah wakaf yang tidak diproduktifkan dengan baik bahkan terbengkalai.Untuk mengembangkan harta wakaf perlu dicari faktor yang menyebabkan tanah wakaf terbengkalai. Hal ini menjadi tujuan penelitian yaitu untuk mencari jawaban penyebab terbengkalainya tanah wakaf yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang memberikan perincian yang lebih komplek tentang faktor penyebab tanah wakaf terbengkalai yang sulit diungkapkan dengan penelitian kuantitatif. Kemudian data tersebut dianalisis dengan mendeskripsikan faktor penyebab terbengkalai tanah wakaf. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

shibghah

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

SHIBGHAH: Journal of Muslim Societies is an interdisciplinary, open access and scholarly journal published by STAI Al-Washliyah Banda Aceh incorporation with KOPERTAIS Wilayah 5 Aceh. Its establishment is aimed at communicating current issues on multidisiplinary study of Muslim societies. As a ...