Medfarm: Jurnal Farmasi dan Kesehatan
Vol 11 No 1 (2022): MEDFARM: Jurnal Farmasi dan Kesehatan

PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN KLINIK ESTETIKA RUMAH SAKIT DAERAH MANGUSADA BERDASARKAN KONSEP STRATEGI GENERIK MICHAEL E. PORTER

I NYOMAN ADIKARYA NUGRAHA (Universitas Bali Internasional)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Rumah sakit mulai bergerak dari organisasi sosial menjadi sosial ekonomis. Era JKN, merupakan tantangan baru bagi rumah sakit untuk dapat bertahan. Berdasar pada data National Health Account Indonesia tahun 2016, serapan pembelanjaan biaya kesehatan dengan skema jaminan kesehatan hanya 17,3% sedang pembelanjaan biaya kesehatan dengan secara mandiri (out of pocket) 35%. RSD Mangusada merupakan rumah sakit tipe B pendidikan, menjawab peluang tersebut dengan pengembangan layanan baru, yaitu klinik estetika. Lokasi rumah sakit yang strategis dan berada di tengah pusat wisata ternyata tidak membuat layanan baru berkembang sesuai target. Penentuan startegi pemasaran merupakan solusi bagi RSD Mangusada untuk mengembangkan layanan klinik estetika. Situasi persaingan yang kuat dengan diferensiasi produk yang sama, strategi generik yang cocok untuk Klinik Estetika Rumah Sakit Daerah Mangusada adalah strategi diferensiasi produk layanan. Diperlukan keunikan layanan yang ditawarkan untuk bersaing dan unggul dari kompetitor untuk memenangkan pelanggan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

medfarm

Publisher

Subject

Chemistry Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal MEDFARM merupakan terbitan dari lembaga jurnal dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Akademi Analis Farmasi dan Makanan Sunan Giri Ponorogo. Topik atau pembahasan dari Jurnal MEDFARM lebih terfokus pada bidang Farmasi, Obat Tradisional, Makanan, Minuman dan ...