Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 13 No. 1 (2022): JURNAL AKRAB

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PROGRAM KEAKSARAAN DASAR

Rahmat Syah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Abstrak: Motivasi belajar merupakan hal yang penting dalam pembelajaran orang dewasa, khususnya motivasi yang dimiliki oleh peserta didik program keaksaraan dasar. Pentingnya motivasi belajar pada peserta didik keaksaraan dikarenakan sulitnya peserta didik orang dewasa dalam menyerap materi pembelajaran jika tidak memiliki motif yang kuat, terlebih lagi peserta didik program keaksaraan dasar yang menghendaki orang dewasa supaya memiliki kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi orang dewasa dalam mengikuti kegiatan baca tulis melalui Program Pendidikan Keaksaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta program keaksaraan yang tersebar di berbagai provinsi pada tahun 2021 dengan pengambilan sampel secara purposive sebanyak 265 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa motif kuatorang dewasa yang menjadi peserta didik program pendidikan keaksaraan dasar di antaranya adalah mengenal huruf, belajar keterampilan, menambah ilmu pengetahuan, ingin bisa belajar membaca dan menghitung, ingin membuat produk usaha, dan ingin merasakan sekolah. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa motivasi membentuk sebuah pola, yaitu tekad untuk berbuat, menyediakan waktu belajar, serta sabar selama mengikuti pembelajaran. Kata-kata kunci: pendidikan keaksaraan dasar, motif belajar, pendidikan orang dewasa.Abstract: Learning motivation is important in adult learning, especially the motivation possessed by students inbasic literacy programs. The importance of learning motivation for literacy students is due to the diffi culty of adult students in absorbing learning materials if they do not have a strong motive, especially students of basic literacy programs that require adults to be able to read, write and count. This study aims to describe the motivation of adults in participating in reading and writing activities through the Literacy Education Program. This research uses a quantitative approach with a survey method. The population of this research is all students participating in the literacy program spread across various provinces in 2021 with a purposive sampling of 265 respondents. Analysis of the data used is descriptive analysis. The results show that there are several strong motives for literacy education participants to participate in literacy education programs including recognizing letters, learning skills, increasing knowledge, wanting to be able to learn to read and counting, wanting to make business products and wanting to feel school. In addition, students are moved to learn if they have a strong motivation to learn. The results of observations show that motivation form a pattern, namely the determination to act, provide study time, be patient in learning. Motivation to learn is one way to increase the effectiveness of learning.Keywords: basic literacy education, learning motives, adult education

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...