SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi
Vol 2, No 3 (2021): November (2021)- Febuari (2022)

Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Dan Perlakuan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.)

Zeni Abdi (Universitas Gunung Leuser)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Pengaruh pemberian pupuk kandang dan perlakuan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang dan perlakuan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Perapat Sepakat Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara dangan ketinggian tempat + 250 m diatas permukaan laut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktoraial yang diteliti yaitu faktor pertama pemberian Pupuk Kandang (K) dengan 4 taraf K0 : 0 kg/plot (Kontrol), K1 : 1 kg/plot, K2 : 2 kg/plot dan K3 : 3 kg/plot. Faktor kedua perlakuan Jarak Tanam (J) dengan 3 taraf J1 : 20 cm x 10 cm, J2 : 20 cm x 15 cm dan J3 : 20 cm x 20 cm. Sehingga terdapat 12 kombinasi perlakuan dan tiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Dengan demikian terdapat 36 unit perlakuan. Pengamatan tinggi tanaman dilakukan dengan mengukur tinggi tanaman dari pangkal batang sampai daun tertinggi. Pengamatan dimulai dari tanaman berumur 15, 30 dan 45 HST. Pengukuran dilakukan menggunakan meteran dengan satuan cm. Jumlah daun dihitung dengan cara menghitung jumlah daun yang terbentuk pada setiap tanaman. Dimulai dari tanaman berumur 15, 30 dan 45 HST. Pengamatan berat kering umbi per plot dilakukan pada akhir penelitian  yaitu dengan menimbang semua umbi pada masing-masing plot lalu dikering anginkan selama 7 hari dan ditimbang dengan timbangan analitik digital. Pengamatan berat umbi per plot dilakukan setelah panen dengan  menimbang berat umbi keseluruhan dari masing-masing plot dilakukan pada saat setelah panen dan ditimbang dengan timbangan analitik digital. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut yaitu Pengaruh pemberian pupuk kandang tidak menunjukkan yang nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat umbi per plot dan berat berangkasan basah umbi per plot tanaman bawang merah. Pengaruh perlakuan jarak tanam menunjukkan pengaruh yang sangat nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat umbi per plot dan berat berangkasan basah umbi per plot tanaman bawang merah. Perlakuan yang memberikan respon terbaik ditemui pada perlakuan jarak tanam 20 cm x 20 cm (J3). Tidak terjadi interaksi yang nyata antara pemberian pupuk kandang terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat umbi per plot dan berat berangkasan basah umbi per plot tanaman bawang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sosek

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi published by BUNDA MEDIA GRUP which contains scientific research articles in the field of Social and Economic Sciences, including the results of original scientific research, SOSEK: Journal of Social and Economics accepts manuscripts in research fields covering ...