Economics and Digital Business Review
Vol. 3 No. 2 (2022): February - July

Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Iconnet Bandung

Lubna Zagladi (Universitas Telkom, Bandung)
Syahputra Syahputra (Universitas Telkom, Bandung)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Pada era digital yang berkembang semakin pesat ini teknologi mengambil peranan penting di kehidupan sehari-hari yang menjadikan kegiatan masyarakat tidak terhindar dari konsumsi internet. Tingginya konsumsi internet di Indonesia terlebih di Jawa Barat khususnya di Bandung dipandang sebagai peluang bisnis yang menguntungkan bagi para perusahaan bidang telekomunikasi. Peluang bisnis tersebut biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan telekomunikasi namun baru-baru ini PT. PLN (Persero) yang sukses dengan bisnis listrik kini membentuk anak perusahaan khusus bergerak dibidang telekomunikasi dengan menggandeng PT. ICON+ (Indonesia Comnets Plus) sebagai anak perusahaan dengan produk berupa internet boardband yang dikenal dengan Iconnet. Iconnet dikenal sebagai perusahaan penyedia intenet dengan biaya termurah sehingga banyak masyarakat mempertanyakan bagaimana kualitas dari produk yang ditawarkan. Studi berikut bertujuan guna mengenali pemaparan pengaruh kualitas produk serta kualitas pelayanan perihal kepuasan pelanggan, apakah parsial (sebagian) ataupun simultan (bersamaan) perihal Iconnet di Bandung. Penelitian berikut memiliki populasiapelanggan Iconnet yang berada di Bandung yang berjumlah 6.183 pelanggan sehingga sampel pada studi berikut berjumlah 100 orang. Penelitian ini mempergunakan, ujiiasumsi klasik, ujihhipotesis yang terbagi menjadi ujitt, ujiff, dan koefisienddeterminasi (R2) dan menunjukan eksistensi pengaruh positif danjuga signifikan secara parsial serta simultan terhadap ketiga variabel tersebut. Dengan hasil Y =i4,716 +i0,622 (X1).+ 0,634i(X2). Hasil perihal pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa kualitas.produk serta kualitas.pelayanan mempengaruhi kepuasanipelanggan senilai 79,9%.sedangkan 20,1%.lainnya merupakan pengaruh dari faktor lain...

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...