AL-THIQAH: Jurnal Ilmu Keislaman
Vol 5 No 1 (2022): April

Konsep dan Implikasi Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Inovasi Pendidikan Islam

Dainuri Dainuri (Institut KH. Abdul Chalim Mojokerto)
Abd Haris (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Filsafat pendidikan Pendidikan Islam selain bersifat teoritik juga realistik yang dapat diwujudkan dalam tingkah laku dan mudah di transformasikan dalam kehidupan. Dengan demikian, filsafat pendidikan Islam melampaui hal-hal dan nilai- nilai yang selalu bersifat absolut. Konsep dan prinsip yang menjadi landasan bagi pelaksanaan pendidikan selalu dikritisi dan dievaluasi, disinilah filsafat pendidikan Islam berfungsi sebagai norma Pendidikan. Filsafat pendidikan islam merupakan aplikasi ide-ide filsafat dalam pendidikan mengandung nilai-nilai esensial yang mengarahkan pada tujuan-tujuan dan pelaksanaan pendidikan Agama Isam dan berimpilkasi pada inovasi pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam secara umum akan mengkaji berbagai masalah yang terdapat dalam bidang pendidikan, mulai dari visi, misi, tujuan pendidikan, dasar-dasar dan asas-asas pendidikan Islam, konsep manusia, guru, anak didik, kurikulum, dan metode pembelajaran sampai dengan evaluasi dan inovasi dalam pendidikan secara filosofis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

althiqah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Al-THIQAH : Jurnal Ilmu Keislaman published by Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Bangkalan. This journal contains many variants of Islamic studies, among others: Islamic education, Ushuluddin, the Shariah, Islamic thought, economics, and other Islamic studies. This journal is published twice a year in ...