Jalan tol adalah bangunan sipil yang terletak di atas permukaan tanah dasar. Menghitung pengaruh daya dukung tanah timbunan penting dilakukan untuk menghitung beban yang bekerja pada struktur jalan tol. Dalam perencanaan struktur jalan, faktor utama yang harus deperhatikan adalah kondisi tanah itu sendiri, tanah yang baik adalah tanah yang butiran padat dan pasirnya sedikit. Metode untuk menentukan daya dukung tanah adalah dengan mencari nilai California bearing Rasio (CBR). Pada Proyek Pekerjaan Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Padang Seksi Sicincin – Lubuk Alung – Padang mengunakan spesifikasi teknis jalan tol dengan mensyaratkan nilai CBR tidak kurang dari 6% sesuai dengan karakteristik daya dukung timbunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah campuran tanah clay dengan trass dapat meningkatkan daya dukung tanah timbunan. Berdasarkan hasil penelitian didaptkan campuran tanah clay dengan trass dapat meningkatkan daya dukung tanah timbunan. Campuran 1:3 adalah campuran yang dapat digunakan sebagai timbunan CBM pada jalan tol.
Copyrights © 2022