JURNAL CERDAS PROKLAMATOR
Vol 10 No 1 (2022): JURNAL CERDAS PROKLAMATOR

BUDAYA LITERASI MELALUI TEKS DONGENG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SD ISLAM KHAIRA UMMAH

Syofiani Syofiani (Universitas Bung Hatta)
Olin Nita (Universitas Bung Hatta)
Awis Karni (Universitas Islam Negeri Umam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Dongeng sebagai salah satu genre sastra dewasa ini sudah mulai ditinggalkan oleh para pencinta sastra, apalagi di tengah-tengah arus modernisasi dewasa ini. Semua lini kehidupan sudah berbasis teknologi dan digital, tidak terkecuali dunia pendidikan. Dewasa ini, sudah jarang anak yang suka membaca dongeng karena anak-anak disibukkan dengan gadget. Jika dibiarkan tentu saja kondisi ini akan membuat dongeng sebagai salah satu sarana dalam mengembangkan karakter anak-anak akan punah. Dongeng seyogyianya dapat mengembangkan literasi sastra anak terutama pada aspek membaca dan menulis, yang merupakan titik tolok untuk mengukur literasi sastra siswa. Dongeng sebagai salah satu bagian sastra anak, berfungsi memberikan hiburan dan sebagai sarana untuk mewariskan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat. Dongeng dipandang sebagai sarana untuk mewariskan nilai-nilai kepada anak-anak sebagai generasi penerus. Sesuai dengan keberadaan misi tersebut, dongeng mengandung ajaran moral. Melalui dongeng, diharapkan dapat membentuk manusia-manusia Indonesia yang memegang teguh nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Dengan demikian, pendidikan budaya dan karakter siswa harus ditanamkan sejak dini melalui berbagai cara dan di mana saja, termasuk di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. Basic Education Curriculum Development. 2. Learning Mathematics, Science, Social Sciences, Citizenship, English Language, Indonesian Language, Islamic Education, Arts and local content in Basic Education. 3. Media and Instructional Technology in Basic Education. 4. Innovative and creative ...