PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen
Vol. 3 No. 1 (2022): Juni 2022

Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Emotional Inteligence Peserta Didik

Darius (Institut Agama Kristen Negeri Toraja)
Ricky Mallisa (Institut Agama Kristen Negeri Toraja)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

A School is the educational vessel for the learner, in which one the Teacher acts as a guiding educator and even as a caretaker for each learner to realize the emotional formation of intelligence well. Based on this, not only are teachers of general subjects but also teachers of Christian Religious Education a figure who is also capable of shaping the emotional intelligence of participants in his training. Based on these statements, the study method in the writing would have used qualitative research methods with an approach to literature study. Qualitative research methods that approach finding data through books or journals to illustrate current conditions that are then used as data prepared in the writing to reach a conclusion. As for the findings in this paper are the presence of Christian education teachers who are able to form emotional intelligence learners who appear to increase their academic ahievement.   Sekolah adalah wadah Pendidikan bagi peserta didik yang mana seorang guru berperan sebagai pendidik, pembimbing dan bahkan sebagai pengasuh bagi setiap peserta didik, untuk mewujudkan pembentukan emotional intelligence dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, tidak hanya guru mata pelajaran umum namun juga guru Pendidikan Agama Kristen adalah sosok yang juga mampu berperan membentuk kecerdasan emosional atau emotional intelligence peserta didiknya. bBerdasarkan pernyataan tersebut, maka metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan tersebut, menemukan data melalui buku dan atau jurnal sebagai gambaran penulis terhadap kondisi yang sedang terjadi yang kemudian dijadikan sebagai data yang diolah dalam tulisan ini untuk mencapai suatu kesimpulan. Adapun temuan dalam tulisan ini ialah kehadiran guru Pendidikan Agama Kristen yang mampu membentuk kecerdasan emosional peserta didik yang nampak terhadap peningkatan prestasi akademiknya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojsdatapeada

Publisher

Subject

Religion Education

Description

1. Pendidikan Karakter Kristiani 2. Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 3. Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Kristen 4. Pendidikan Agama Kristen Kontekstual 5. Konseling Pendidikan Agama Kristen 6. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen 7. Manajemen Pendidikan Agama Kristen 8. Teori Belajar ...