Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MANDIRI MELALUI MEDIA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING

Yulianti, Tien ( Lampung University)
Hepratiwi, Hepratiwi (Unknown)
Sukirlan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2015

Abstract

This study aims (1) to analyze the potential and conditions for learning, (2) to design Online Media by using Web Blog application as Public Speaking Practical Guide on the subject of Personality Development, (3) to develop the instructional media to increase learning independent and public speaking ability of students.The subjects of the research is the students of STBA Teknokrat who took Personality Development 2013/2014.Based on the results of the study concluded that online media was suitable as a substitute teaching materials. Media was built by using Web Blog applications and accessed online; this media was validated by media expert validation, material experts and expert curriculum developers. The evaluation of learning showed the difference scores on Cognitive were 47,4 on Pre-Test and 81 on Post-Test. The difference scores on Practice Test were 81 on Practice Test 1, 89 on Practice Test 2, and 93 on Practice Test 3.Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis potensi dan kondisi pembelajaran, (2) merancang media ajar dengan menggunakan aplikasi web blog berupa media online sebagai Panduan Praktikum Public Speaking, (3) pengembangan media ajar mandiri materi public speaking.Subjek tindakan pada penelitian ini adalah mahasiswa STBA Teknokrat yang mengambil mata kuliah Pengembangan Pribadi pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Media Online sebagai bahan ajar substitusi layak dikembangkan. Media dibangun dengan menggunakan aplikasi Web Blog yang diakses secara online dan validasi ahli media, ahli materi dan ahli pengembang kurikulum. Evaluasi hasil belajar dengan menggunakan Media Online menunjukkan perbedaan pada nilai rata-rata hasil uji kognitif Pre-Test sebesar 47,4 dan Post-Test sebesar 81. Juga terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar pada Uji Praktik tahap pertama sebesar 82, tahap kedua sebesar 89, dan tahap ketiga sebesar 93.Kata kunci : bahan ajar mandiri, media online, panduan public speaking.

Copyrights © 2014