Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

Implementasi Model Pembelajaran PIMCA Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia dan Kaitannya Dengan Covid-19

Gloria S. Menggasa (Universitas Negeri Manado)
Ferdy Dungus (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang memungkinkan para siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik yaitu model pembelajaran PIMCA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PIMCA terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dan kaitannya dengan Covid-19. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian menggunakan pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Dumoga. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran PIMCA dan kelas VIIIA berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan hasil posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil pengujian data menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,147 sedangkan ttabel = 1,685 dengan demikian thitung > ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran PIMCA terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...