Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

Penerapan Model Group Investigation dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMP Negeri 9 Dumoga

Milke Milke (Universitas Negeri Manado)
Ni Wayan Suriani (Universitas Negeri Manado)
Fransiska Harahap (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pencapaian suatu tujuan pendidikan dalam pembelajaran tidak terlepas dari peran aktif seorang guru dalam mendidik peserta didik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Dumoga Tahun Ajaran 2020-2021 dan menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel yang dipilih menggunakan sampling jenuh. Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis (uji-t) pada taraf nyata 0,05 diperoleh signifikan 0,03 < 0,05 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan kelompok yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada materi sistem ekskresi manusia, dimana hasil pada model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dari hasil pembelajaran Jigsaw.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...