Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP

Magdalena Diana Lelamula (Universitas Negeri Manado)
Metilistina Sasinggala (Universitas Negeri Manado)
Meike Paat (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Dunia saat ini sedang mengalami wabah covid-19 dampak dari adanya covid-19, menyebabkan proses belajar mengajar di berbagai sekolah menerapkan sistem pembelajaran secara daring dalam jaringan dan luring luar jaringan. Di SMP Bintang Laut Tobelo, pembelajaran masih berpusat pada guru, serta guru belum menerapkan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Guru juga belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media berbasis power point terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu bentuk non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebanyak 20 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIB sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui pretest dan posttest. Rata-rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas eksperimen yaitu 29,7 dan untuk kelas kontrol yaitu 17,95. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 5,74 > ttabel = 2,024, maka tolak H0 dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dengan media berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Bintang Laut Tobelo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...