Dunia saat ini sedang mengalami wabah covid-19 dampak dari adanya covid-19, menyebabkan proses belajar mengajar di berbagai sekolah menerapkan sistem pembelajaran secara daring dalam jaringan dan luring luar jaringan. Di SMP Bintang Laut Tobelo, pembelajaran masih berpusat pada guru, serta guru belum menerapkan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Guru juga belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media berbasis power point terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu bentuk non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebanyak 20 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIB sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui pretest dan posttest. Rata-rata nilai dari hasil belajar siswa yang dicapai untuk kelas eksperimen yaitu 29,7 dan untuk kelas kontrol yaitu 17,95. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 5,74 > ttabel = 2,024, maka tolak H0 dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dengan media berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Bintang Laut Tobelo.
Copyrights © 2022