Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

Identifikasi Keterampilan Literasi Sains Siswa Pada Materi Asam Basa

Rahmad Djatmiko (MA Islamiyah Attanwir Bojonegoro)
Khoiro Mahbubah (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan literasi sains pada konsep asam basa. Penelitian ini dilakukan pada 121 siswa MIA Madrasah Aliyah. Penelitian ini adalah penelitian yang berbasis analisis kualitatif yang menggambarkan hasil penelitian dengan menggunakan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan menganalisis literasi pada tingkat pengetahuan prosedural paling tinggi dibandingkan dengan tingkat kemampuan lainnya. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif, kritis serta inovatif siswa, terlihat bahwa siswa memiliki kemampuan tersebut pada taraf sedang. Disimpulkan bahwa siswa memiliki kemampuan menganalisis literasi pada tingkat pengetahuan prosedural yang paling tinggi dibandingkan dengan tingkat kemampuan lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...