Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA)
Vol. 3 No. 1 (2022): Terbitan kelima Tahun 2022

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MATERI STATISTIKA DI KELAS IX SMP

Nur Rahma Baddu (Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia)
Nurdin Arsyad (Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Ma’rup Ma’rup (Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan formatife research tessmer. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah instrumen tes yang terdiri dari kisi-kisi, soal tes HOTS, lembar kerja, kriteria jawaban, dan pedoman penskoran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 5 Enrekang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi. Lembar validasi ini bertujuan untuk menilai instrumen tes yang dikembangkan yang dilakukan oleh tiga validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes yang dikembangkan diantaranya (a) validitas 4,08 (tinggi); (b) reliabilitas 0,83 (sangat baik); (c) tingkat kesukaran pada soal nomor 2 yaitu 0,79 (mudah), soal nomor 1, 5, dan 6 yaitu 0,67; 0,65; 0,44 (sedang), soal nomor 3 dan 4 yaitu 0,27 dan 0,25 (sukar); sedangkan (d) daya pembeda pada soal nomor 3 dan 4 adalah 2,5 (cukup), soal nomor 1, 2, 6 yaitu 0,41; 0,33; dan 0,33 (baik), soal nomor 5 yaitu 0,5 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan instrumen tes HOTS pada materi statistika yang dikembangkan bagi siswa kelas IX SMP Negeri 5 Enrekang sudah layak untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Departemen Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sejak Agustus 2020. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan teori-teori baru yang telah dicapai di ...