Jurnal Sinestesia
Vol. 12 No. 1 (2022)

Penerapan Aplikasi Google Classroom Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Universitas Muslim Maros

Nurhidayah Nurhidayah (Universitas Muslim Maros)
Rizki Amalia Nur (Universitas Muslim Maros)
Rika Riyanti (Universitas Muslim Maros)
Moh. Mulyadi Prasetyo (STKIP Pembangunan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Hipotesis penelitian ini adalah jika menerapkan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran maka dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa universitas muslim maros. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 18 orang dengan mahasiswa laki-laki 8 dan 10 orang mahasiswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen: (1) tes hasil belajar pada tiap siklus dan (2) hasil observasi berpikir kreatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif kuantitatif untuk data dari tes hasil belajar dan analisis kualitatif untuk data hasil observasi berpikir kreatif. Hasil analisis deskriftif kuantitatif menunjukan bahwa pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 67,5 dan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 41,67%. Hal ini belum memenuhi kriteria ketuntasan sehingga dilanjutkan ke siklus ke 2 dan diperoleh nilai rata-rata 86,67 dan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 83,33% jika dilihat dari kriteria ketuntasan klasikal maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus II telah berhasil sehingga pembelajaran dengan menerapkan aplikasi google classroom telah terjadi peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal sinestesia publishes articles in the field of learning, education, literature, linguistics, and ...