Pandemi Covid-19 sangat berdampak negatif khususnya dalam pendidikan dan proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka. Sehingga muncul adanya kompleksitas permasalahan dalam pendidikan di Indonesia. Keterbatasan biaya dan kemampuan sumber daya yang dimiliki mahasiswa sangat menjadi menjadi kendala besar. Oleh sebab itu upaya inovasi pembelajaran secara online sangta perlu diadakan sebagai bentuk pembaharuan. Disisi lain, tujuan inovasi adalah usaha untuk meningkatkan yang meliputi sumberdaya kemampuan dosen dalam berinovasi agar mahasiswa tidak bosan, biaya, termasuk sistem manajemen operasionalnya. Pemecahan masalah pembelajarang online sangat kompleksitas tidak efektif lagi dilakukan pendekatan yang konvensional. Dengan demikian inovasi atau pembaharuan dilakukan untuk menjawab permasalahan pendidikan perkembangan yang lebih cepat. Dengan inovasi, berbasis teknologi informasi seperti “Problem Solving” pembelajaran online lebih diminati dan berkembang. Dengan terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran yang dapat mengimplementasikan teknologi informasi para mahasiswa seperti mahasiswa baik dalam kondisi sosial yang berkembang diharapkan mampu menghasilkan budaya pembelajaran yang baik. Selanjutnya dengan strategi pembelajaran berbasis teknologi informasi, mahasiswa dapat terhubung dengan baik dengan dosen dan materi yang diajarkan. Pemberian tugas atau latihan yang tepat, hakekatnya upaya seorang Dosen memberikan “peluang” bagi mahasiswa untuk terjadi proses belajar dengan maksimal ditengah pandemi Covid-19.
Copyrights © 2022