Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 2: Juli 2022

PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (WHATSAPP DAN MARKETPLACE) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM DIVA FRUITS AND SNACK

Dodi Yudo Setyawan (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)
Lia Rosmalia (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)
Cut Hikmah (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin baik pada bidang usaha kuliner, fashion, pendidikan dan produk kreatif. Namun ditengah peningkatan tersebut masih terdapat kendala salah satunya adalah sumber daya manusia selaku pengelola UMKM yang perlu dilakukan peningkatan dalam bidang pemanfaatan akses teknologi media sosial whatsapp dan marketplace facebook. Metode yang diterapkan yakni dengan mengambil data kebutuhan UMKM secara interview dan dilakukan pelatihan mengenai pemanfaatan media sosial. Dari hasil pelatihan dan penerapan yang telah dilakukan diperoleh peningkatan nilai penjualan produk UMKM 10 sampai 15 produk setiap bulanya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...