Jurnal Jeumpa
Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Jeumpa

IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI METABOLISME LIPID

Muhammad, Nazar (Unknown)
M Nur, Yaumil Istiqlal (Unknown)
Widarta, Fajar Okta (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, dan respon mahasiswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Flipped Classroom dengan mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran secara konvensioal pada materi metabolisme lipid di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental desain model Post Test Only Control Group Design. Populasi mencakup seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala yang memprogram mata kuliah biokimia pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sebagai kelas sampel adalah mahasiswa unit 01 sebagai kelas kontrol dan mahasiswa unit 02 sebagai kelas eksperimen. Data pemahaman konsep diperoleh dari hasil tes sumatif berbentuk soal multiple choice sedangkan data peningkatan motivasi belajar diperoleh dari kuisioner untuk mengidentifikasi motivasi belajar mahasiswa. Data pemahaman konsep dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji- t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0.000 sehingga H1 diterima. Motivasi belajar siswa yang menggunakan Flipped Classroom juga terlihat lebih besar berdasarkan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...