Penelitian ini mendeskripsikan implementasi peran dan kontribusi seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya yang memiliki otoritas kebijakan pendidikan era pandemi di Indonesia. Dalam hal ini, bagaimana peran dan kontribusi Kemendikbud terkait kebijakan pendidikan di era pandemi? Karena kepemimpinan merupakan ukuran keberhasilan suatu organisasi (kelompok masyarakat) dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai sumber terkait fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dilaksanakan dengan mengantisipasi pendidik dan peserta didik untuk bersekolah di rumah, menaati peraturan kesehatan, dan menjaga kesehatan, serta bantuan berupa kuota internet gratis, bantuan gaji pendidik dan tenaga kependidikan, dan yang terpenting juga ada penyesuaian uang UKT (SPP) bagi mahasiswa. Meski pendidik dan mahasiswa mengeluhkan sarana dan prasarana pembelajaran secara keseluruhan yang kurang memadai, terkendala jaringan internet dan masalah perekonomian keluarga.
Copyrights © 2022