Matua Jurnal
Vol. 4 No. 2 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2022)

PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO NAZURAH HIJAB DI KUBANG TUNGKEK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Fiksi Maiza (Unknown)
Agus Sutardjo (Unknown)
Rizka Hadya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui pengaruh Kualitas dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini memakai metode pengumpulan data lewat penelitian lapangan serta kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan peneliti yaitu pengamatan, wawancara dan kuesioner. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan pengumpulan data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.175 orang dengan sampel 98 orang menggunakan Teknik Random Sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis uji t dan uji f. hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Indikator paling dominan pada variabel kualitas produk adalah Kinerja dengan nilai TCR yaitu 90,9%, indikator paling dominan pada variabel harga produk adalah perpepsi harga dan manfaat dengan nilai TCR yaitu 92,2% dan indikator paling dominan variabel keputusan pembelian konsumen adalah Kemantapan pada sebuah produk dengan nilai TCR yaitu 92,4%. Kualitas produk secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Terbukti dari hasil uji t hitung yaitu -1,959 yang nilainya kecil dari t tabel 1,66105 dan nilai signifikan perhitungan yang didapatkan adalah sebesar 0,053 > 0,05 jadi Ho diterima Ha diterima. Harga produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Terbukti dari hasil uji t hitung yaitu 11,121 yang nilainya besar dari t tabel 1,66105 dan nilai signifikan perhitungan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 jadi Ho tolak Ha diterima. Kualitas dan Harga produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Terbukti dari hasil uji f hitung yaitu 228,908 yang nilainya lebih besar dari f tabel 3.092 dan nilai signifikan perhitungan yang didapatkan yaitu 0,000 lebih kecil 0,05 (5%) jadi Ho ditolak Ha diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, ...