Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar gerak dasar lempar cakram setelah penerapan Media Piring Plastik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani pada siswa kelas V SD Negeri 14 Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 14 Lubuklinggau tahun pelajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa dan dengan menggunakan Media Piring Plastik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,38 dengan ketuntasan belajar sebesar 87,5%. Hasil analisis uji-z diperoleh zhitung = 4,21 > ztabel = 1,64 yang menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar gerak dasar lempar cakram siswa kelas V SDN 14 Lubuklinggau setelah penerapan media piring plastik berada pada kategori signifikan tuntas.
Copyrights © 2022