Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII terhadap soal cerita materi SPLDV ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muntilan sebanyak 32 siswa, yang kemudian diambil sampel penelitian sebanyak 8 siswa dengan gaya belajar diverging, assimilating, converging, dan accommodating, masing-masing 2 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar David Kolb, soal tes kemampuan pemecahan masalah soal cerita SPLDV, dan pedoman wawancara. Data dianalisis berdasarkan gaya belajar siswa, hasil tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar diverging dan assimilating memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, yaitu mampu melaksanakan semua langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah, siswa dengan gaya belajar converging memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, namun cukup dalam memahami masalah yang diberikan, sedangkan siswa dengan gaya belajar accommodating memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, namun kurang dalam memahami masalah yang diberikan.
Copyrights © 2020