MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Terhadap Soal Cerita SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar

Estina Widyaningsih (Universitas Tidar)
Aprilia Nurul Chasanah (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII terhadap soal cerita materi SPLDV ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muntilan sebanyak 32 siswa, yang kemudian diambil sampel penelitian sebanyak 8 siswa dengan gaya belajar diverging, assimilating, converging, dan accommodating, masing-masing 2 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar David Kolb, soal tes kemampuan pemecahan masalah soal cerita SPLDV, dan pedoman wawancara. Data dianalisis berdasarkan gaya belajar siswa, hasil tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar diverging dan assimilating memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, yaitu mampu melaksanakan semua langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah, siswa dengan gaya belajar converging memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, namun cukup dalam memahami masalah yang diberikan, sedangkan siswa dengan gaya belajar accommodating memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, namun kurang dalam memahami masalah yang diberikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...