Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang bernuansa etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang bernuansa etnomatematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sampit. Teknik pengumpulan data menggunakan google form dan video call WhatsApp. Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Adapun analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat tahapan pemecahan masalah matematis pada bangun ruang bernuansa etnomatematika yaitu: (1) kemampuan memahami masalah yakni siswa mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan soal, menganalisa soal dengan mensketsakan gambar Balai Patahu menjadi bangun ruang balok; (2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah, yakni siswa merancang rumus dan gambar sketsa sesuai dengan pertanyaan soal dan ilustrasi gambar Balai Patahu; (3) kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah, yakni siswa menerapkan strategi pemecahan masalah sesuai dengan rencana yang telah dirancang pada tahap merencanakan pemecahan masalah untuk memperoleh hasil jawaban; dan (4) kemampuan memeriksa kembali, yakni siswa memeriksa hasil jawaban dan mampu membuat kesimpulan yang benar dari hasil jawaban. Dalam pembelajaran guru hendaknya memberikan pembelajaran yang bernuansa budaya, agar siswa dapat memecahkan masalah matematis yang berhubungan dengan budaya di kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2022