Pandemic covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan berbagai bidang lainnya. Pada bidang pendidikan, tentunya mempengaruhi proses pembelajaran. Pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan di sekolah secara langsung/ tatap muka, kemudian menjadi pembelajaran yang berlangsung di rumah. Pembelajaran selama masa pandemi yang berlangsung di rumah, tentunya tidak terlepas dari peran orang tua. Orang tua memiliki peranan penting dalam mendukung dan mengawasi setiap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi peran orang tua dalam pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri Satu Atap Nefotes. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan studi dokumentasi. Adapun beberapa tahapan dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran selama masa pandemi covid-19 adalah sebagai pendidik (educator), sebagai pembimbing, pendorong/ motivator, dan sebagai fasilitator. Orang tua juga berperan dalam membantu menangani kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswa/ anak sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan optimal. Kata kunci: orang tua; pembelajaran.
Copyrights © 2022