Pillar of Physics Education : Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 14, No 4 (2021)

TEACHING MATERIAL BASED ON REVISED BLOOM’S TAXONOMY ON THE CONCEPT OF A MAGNETIC FIELD IN SENIOR HIGH SCHOOL

Miftahul Jannah (Universitas Negeri Padang)
Amali Putra (Universitas Negeri Padang)
- Hufri (Universitas Negeri Padang)
Letmi Dwiridal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Bahan ajar fisika yang digunakan dalam pembelajaran fisika harus mampu mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan proses kognitif siswa. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang belum memenuhi harapan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ajar taksonomi Bloom revisi konsep medan magnet pada pembelajaran fisika SMA dan mengetahui validitas dan pengembangan bahan ajar taksonomi Bloom revisi konsep medan magnet kelas XII SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (RnD) dengan mengambil model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang diturunkan ke tahap pengembangan. Subyek penelitian adalah 3 orang dosen fisika UNP dan 3 orang guru fisika dari SMAN 1 Kampar Timur,SMAN 2 Kampar dan SMAN 1 Kampar Utara, dengan objek penelitian bahan ajar berbasis taksonomi Bloom. Revisi perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen. Evaluasi bahan magnet medan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, validitas bahan ajar berdasarkan taksonomi Bloom Revisi pada konsep medan magnet pada pembelajaran fisika di kelas XII SMA menurut tim ahli yang memperoleh hasil analisis dengan rata-rata 82,4% dan menurut tim praktik dengan rata-rata 91 , 73%. Secara keseluruhan diperoleh 87,06% dalam kategori yang valid secara teoritis dan dapat dilanjutkan dengan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran fisika di SMA. dengan objek penelitian bahan ajar berbasis taksonomi Bloom.Revisi perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen. Evaluasi bahan magnet medan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, validitas bahan ajar berdasarkan taksonomi Bloom Revisi pada konsep medan magnet pada pembelajaran fisika di kelas XII SMA menurut tim ahli yang memperoleh hasil analisis dengan rata-rata 82,4 % dan menurut tim praktik dengan rata-rata 91, 73%.Secara keseluruhan diperoleh 87,06% dalam kategori yang valid secara teoritis dan dapat dilanjutkan dengan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran fisika di SMA. dengan objek penelitian bahan ajar berbasis taksonomi Bloom. Revisi perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen. Evaluasi bahan magnet medan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, validitas bahan ajar berdasarkan taksonomi Bloom Revisi pada konsep medan magnet pada pembelajaran fisika di kelas XII SMA menurut tim ahli yang memperoleh hasil analisis dengan rata-rata 82,4 % dan menurut tim praktik dengan rata-rata 91, 73%.Secara keseluruhan diperoleh persentase 87,06% dalam kategori sangat valid secara teoritis dan dapat dilanjutkan dengan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran fisika di SMA. Revisi perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen. Evaluasi bahan medan magnet. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, validitas bahan ajar berdasarkan taksonomi Bloom Revisi pada konsep medan magnet pada pembelajaran fisika di kelas XII SMA menurut tim ahli diperoleh hasil analisis dengan rata-rata 82,4 % dan menurut tim praktisi dengan rata-rata 91,73%. Secara keseluruhan diperoleh persentase 87,06% dalam kategori sangat valid secara teoritis dan dapat dilanjutkan dengan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran fisika di SMA. Revisi perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen. Evaluasi bahan medan magnet. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, validitas bahan ajar berdasarkan taksonomi Bloom Revisi pada konsep medan magnet pada pembelajaran fisika di kelas XII SMA menurut tim ahli diperoleh hasil analisis dengan rata-rata 82,4 % dan menurut tim praktisi dengan rata-rata 91,73%. Secara keseluruhan diperoleh persentase 87,06% dalam kategori sangat valid secara teoritis dan dapat dilanjutkan dengan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran fisika di SMA. validitas bahan ajar taksonomi Bloom Revisi pada konsep medan magnet pada pembelajaran fisika di kelas XII SMA, menurut tim ahli, hasil analisis dengan rata-rata 82,4% dan menurut tim praktisi dengan rata-rata 91, 73%. Secara keseluruhan diperoleh 87,06% dalam kategori yang valid secara teoritis dan dapat dilanjutkan dengan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran fisika di SMA. validitas bahan ajar taksonomi Bloom Revisi pada konsep medan magnet pada pembelajaran fisika di kelas XII SMA, menurut tim ahli, hasil analisis dengan rata-rata 82,4% dan menurut tim praktik dengan rata-rata 91, 73%. Secara keseluruhan diperoleh 87,06% dalam kategori yang valid secara teoritis dan dapat dilanjutkan dengan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya dalam pembelajaran fisika di SMA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pfis

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Pillar of Physics Education: International Journal on Physics Education is an open-access and peer-reviewed journal, published by Universitas Negeri Padang, which is dedicated to intercharge for the results of high-quality in all aspect of physics education. The editors welcome submissions of papers ...