Jurnal Administrasi Bisnis (J-Adbis)
Vol. 2 No. 1 (2022): Mei 2022

Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian online pada Marketplace Shopee Paska Pandemic Covid-19

Peter Rajagukguk (Unknown)
Hardani Hardani (Universitas Bina Sarana Informatika)
Ferry Kartawijaya (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oline pada marketplace Shopee paska pandemic covid-19. Peneliti menggunakan dua variable yaitu variable independen yg meliputi harga (X1), dan promosi penjualan (X2), serta keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Penelitian dilakukan terhadap masyarakat di kabupaten Tangerang dengan responden 105 dengan accidental sampling methode. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode deskriptif kuantitatif, Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, kuesioner dan dokumentasi, dengan pengolahan data menggunaan SPSS versi 25. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara  persepsi harga, promosi  penjualan  terhadap keputusan pembelian dengan nilai korelasi 0,732 yang berarti korelasi antar variabel kuat. Ini menunjukkan bahwa persepsi harg dan  promosi penjualan  memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji regresi, Y= 1,723+0.395X1+0.354X2 persepsi harga dan promosi penjualan  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa R square sebesar 0,536 yang menggambarkan bahwa secara simultan faktor persepsi harga dan promosi  mempengaruhi keputusan pembelian online sebesar 53,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Administrasi Bisnis pertama publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No 2776-2807 dari LIPI Indonesia Jurnal Administrasi Bisnis merupakan jurnal yang berisi hasil pemikiran atau penelitian pada bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen ...