Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 3 (2022): JAMSI - Mei 2022

Pembuatan Perahu Fiber Glass untuk Menunjang Wisata Sasak Gantung Genteng Kulon Banyuwangi

Setyo Pambudi (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Agus Triono (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Charismanda Adilla Tristianto (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Muhammat Dwi Karisma (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Dimas Aditya (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Irjik Abror Maulana Irfida (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Dinul Maulidin (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Prayoga Krisna Febriaji (Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi)
Mochamad Asrofi (Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia)
Hary Sutjahjono (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jember, Jawa)
R. Puranggo Ganjar Widityo (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jember, Jawa)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Wisata sasak gantung merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Desa Genteng Kulon, Kecematan Genteng, Banyuwangi. Destinasi ini berupa jembatan gantung yang terletak di atas Dam (bendungan) sungai Setail, Genteng. Dalam upaya optimalisasi destinasi wisata tersebut, tim pengabdian bekerja sama dengan Desa Genteng Kulon untuk membuat program yang sekiranya menarik minat wisatawan. Program tersebut yaitu wisata air menggunakan perahu fiber glass. Dalam hal ini, tim pengabdian mendesain dan membuat perahu fiber glass untuk menunjang program tersebut. Perahu fiber glass terbuat dari bahan matriks polyester yang diperkuat serat kaca (fiber glass). Fabrikasi perahu fiber glass menggunakan metode hand lay-up. Tahapan utama pembuatan perahu fiber glass ada tiga yaitu pembuatan cetakan, proses laminasi, dan finishing (pengecatan). Perahu fiber glass tersebut berukuran panjang 2.8 m, lebar 1.0 m, dan tinggi geladak 0.8 m. Adanya perahu fiber glass ini dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi sasak gantung yang berlokasi di Genteng Kulon, Banyuwangi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...