Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 4 (2022): JAMSI - Juli 2022

Pelatihan Teknik Bercerita bagi Relawan dan Guru Paud Kelurahan Wonopringgo sebagai Upaya Membangun Karakter Anak Usia Dini

Afrinar Pramitasari (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Indonesia)
Hanindya Restu Aulia (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Permasalahan di PAUD kelurahan Wonopringgo diantaranya adalah guru PAUD di wilayah tersebut kurang terampil dalam mendongeng, hal tersebut disebabkan karena sebagian guru PAUD di Kelurahan Wonopringgo adalah relawan dari warga yang perlu diberikan pelatihan mendongeng. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membekali relawan dan guru PAUD Kelurahan Wonopringgo agar mampu memilih cerita atau dongeng yang mengandung pendidikan karakter serta dapat mempraktikkan teknik-teknik bercerita dalam pembelajaran PAUD. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan dilakukan secara sistematis dari kegiatan yang bersifat teoretis hingga praktis, yaitu dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, praktik, dan brainstorming. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) relawan dan guru PAUD Kelurahan Wonopringgo dapat memilioh cerita atau dongeng yang mengandung nilai pendidikan karakter, 2) relawan dan guru PAUD memahami teknik-teknik bercerita, 2) relawan dan guru PAUD Kelurahan Wonopringgo mahir bercerita menggunakan beragam teknik bercerita. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim mendapatkan respon yang baik dari peserta pelatihan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...